Pesonanusa, Medan | Mengenal Kota Medan melalui cita rasa buah durian, yuk kita mengulik kenikmatan buah durian di kedai Ucok Durian jalan KH Wahid Hasyim Nomor 30-32 Kota Medan.

Suasana kedai Ucok Durian

Kedai Ucok Durian milik Zainal Abidin atau yang akrab disapa Ucok sudah berdiri puluhan tahun. Namun, memang nama kedai tersebut baru terkenal 10 tahun belakangan. Uniknya, kedai ini memiliki tagline tersendiri yang memikat para wisatawan, yakni “Belum ke Medan kalau tidak mampir ke Ucok Durian.”

Ucok  ( Zainal Abidin) sudah bergelut dalam dunia kuliner durian sejak 34 tahun yang lalu. Namun, ia baru mendirikan usaha sendiri sekitar 25 tahun lalu. Tak langsung melejit, Ucok mengaku pernah mengalami jatuh bangun selama berjualan durian. Ia mulai berjualan dari kaki lima, hingga kini kedainya yang sudah melekat dengan Kota Medan. “(Sekarang), banyak yang datang ke sini. Ada pejabat, artis, ya macam-macam,” ujar Ucok.

Kedai Ucok Durian ini juga pernah disambangi oleh Presiden RI Joko Widodo, pasca perhelatan pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution pada Sabtu (25/11/2017), bersama keluarga dan kerabat Presiden. Usai menikmati durian di kedai tersebut, Jokowi sempat mengunggah foto dan komentar dalam media sosial Facebook miliknya. Menurut dia, makan durian adalah salah satu hal yang wajib dilakukan ketika datang ke Medan. “Kata orang-orang, kalau ke Medan dan tak makan durian, serasa ada yang kurang.

Hal senada juga diungkapkan oleh Wulan, warga Jakarta yang berkesempatan mengunjungi Kota Medan dalam rangka perhelatan pernikahan putrinya (6/7/2019). ” Saya penasaran dengan begitu populernya Ucok Durian diberbagai sosmed maupun media, hingga ingin sekali mendatangi dan mencicipi seperti apa rasa Ucok Durian, “ujar Wulan.

“Apa yang diberitakan di sosmed maupun di media ternyata bukanlah berita bohong, durian yang disediakan oleh kedai Ucok dari semua yang dibuka dihadapan saya semua rasanya sangat enak dan legit, pokoknya puaass…banget dech!, “Demikian Wulan berkisah saat mencicipi kenikmatan Ucok Durian bersama rombongan besannya.

Wulan warga Jakarta beserta rombongan besannya

Kedai Ucok Durian bisa Anda datangi kapan saja. Sebab, kedai tersebut buka selama 24 jam. Setiap hari kedai tersebut memasok sekitar 6.000 buah durian. Jika penjualan dikatakan sedang bagus, maka bisa laku hingga 3.000 durian per harinya.

Ucok menuturkan ada dua cita rasa khas durian yang berasal dari Medan ini, ada manis legit dan pahit. Rasa pahit yang muncul bukan karena buah yang belum matang. “Rasa ini menurut Ucok adalah khas, adanya sedikit cita rasa getir dan bau menyengat yang mewarnai manis durian asli Medan. Rasa pahit pada durian pun berarti kandungan alkoholnya lebih terasa.

Sensasi makan langsung di tempat, jika merasa durian yang dikonsumsi kurang enak, maka Anda bisa langsung menukarkannya tanpa tambahan harga. Untuk durian yang sudah terlanjut terbuka, tidak akan terbuang percuma. Sebab, nantinya akan dipasok ke usaha rumahan untuk dibuat aneka camilan berbahan dasar durian.

Selain durian kupas, Ucok Durian juga menyediakan pancake durian, daging durian, durian beku, buah durian utuh, dan es krim durian. Kisaran harga durian mulai dari Rp 65.000 per buah. Ada juga paket kemasan dengan harga Rp 150.000 – Rp 500.000.

Bisa Menjadi Oleh-oleh

Selain makan di kedai, Anda juga bisa membawa durian tersebut sebagai oleh-oleh. Durian yang Anda pilih akan dikupas kemudian dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat. Pertama, isi buah dimasukkan ke dalam kotak plastik. Kotak yang sudah ditutup rapat kemudian dilakban rapat. Sesudah itu, kotak tersebut dimasukkan ke plastik bening. Durian pun ditutup sekitar empat lapis plastik. Tujuannya agar bau durian tidak semerbak saat Anda membawa ke dalam pesawat atau transportasi lainnya.

Perlu diketahui, durian yang sudah ditutup rapat harus disimpan diruangan ber-AC selama 24 jam. Hal ini dilakukan untuk menjaga cita rasa durian.