Pesonanusa, Jawa Tengah | Dieng adalah salah satu aset Indonesia, keindahan alamnya dengan julukan “Negeri di Atas Awan“. Dieng merupakan daerah dataran tinggi yang terletak di Jawa Tengah, masih termasuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Lokasinya sebelah barat komplek Gunung Sumping. Dieng merupakan objek wisata alam yang sangat mengagumkan terutama Telaga Warna dan Telaga Pengilonmenjadi bagian dari sekian banyak citra anggun pariwisata dataran tinggi Dieng.

Kawasan Dieng adalah penghasil sayuran dataran tinggi yang ada di Jawa Tengah. Hasil utama dari perkebunannya adalah Kentang. Selain sayuran, Dieng juga penghasil pepaya gunung (carica) dan jamur. Jika kamu berada di Dieng, pada seluruh penjuru mata angin kami bisa menjumpai pemandangan pegunungan dan perbukitan seperti mengepung wilayah ini. Beberapa gunung diantaranya:

1.Gunung Prau

Gunung Prau terletak pada ketinggian 2560 mdpl, masuk wilayah beberapa Kabupaten sekaligus. Wilayah Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal. Bentuk Gunung Prau yang memanjang meliputi beberapa wilayah Kabupaten sehingga memungkinkan Gunung ini untuk ditempuh melalui beberapa alternatif jalur pendakian.

2.Gunung Sikunir

Bagi yang pernah ke Dataran Tinggi Dieng, Gunung Sikunir tentu sudah tidak asing. Gunung dengan ketinggian kurang lebih 2350 mdpl ini sering didaki para wisatawan untuk menyaksikan panorama Golden Sunrise Dieng yang indah. Di bawah gunung ini  terdapat Telaga Cebong, yang juga merupakan point awal pendakian menuju puncak. Jarak tempuh menuju puncak memakan waktu sekitar satu hingga satu setengah jam. Meski jalur pendakian tidak terlalu sulit, disarankan bagi wisatawan agar ditemani oleh Guide lokal, apalagi jika mendaki dipagi buta mengingat kanan-kiri jalur pendakian lumayan curam. Dari puncak Sikunir ini, selain bisa melihat sunrisependaki juga bisa menyaksikan pemandangan lima gunung sekaligus, yaitu: Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Gunung Kembang, dan Gunung Perahu.

3. Gunung Pakuwaja

Terletak di selatan Gunung Sikunir, gunung ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 2413 mdpl ini memiliki jalur pendakian yang lebih mudah dengan jarak tempuh antara 30 menit hingga satu jam. Mulai dari Desa Sembungan sepanjang perjalanan kamu akan melihat perladangan penduduk, rerumputan dan semakin naik kamu akan menjumpai batu andesit berserakan. Dari berbagai informasi bahwa Komplek Candi di Dieng dibangun dari batu-batu andesit tersebut. Yang unik dari Gunung Pakuwaja ini adalah di puncaknya kamu akan melihat batu bear menjulang berbentuk serupa Menhir. Dari puncak Gunung Pakuwaja kamu dapat meilhat lanskap dataran tinggi Dieng dengan lebih leluasa.

Telaga Warna dan Telaga Pengilon

Telaga Warna dan Telaga Pengilon adalah tempat yang sangat cantik untuk dieksplorasi. Lokasi ini sangat mempesona, bahkan kebanyakan orang yang datang ke Dieng hanya untuk mengunjungi kompleks ini (Telaga Warna dan Telaga Pengilon). Mereka tidak berjalan di sekitar wilayah dan tidak pernah mencari tahu tentang atraksi lainnya. Telaga Warna terletak di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut, di mana pemandangannya sangat indah. Telaga Warna memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan danau lainnya di Indonesia. Keunikan Telaga Warna adalah warna airnya yang sering mengalami perubahan, kadang-kadang merah, hijau, biru, putih, dan ungu. Sebuah fenomena alam yang unik di Telaga Warna ini karena di danau ini mengandung belerang yang cukup tinggi. Belerang ini ketika terkena sinar matahari akan menyebabkan warna yang lain.

Tak lengkap rasanya jika mengunjungi obyek wisata di Dieng hanya ke Telaga Warna tetapi tidak mengunjungi Telaga Pengilon yang lokasinya berdekatan dengan Telaga Warna. Uniknya meskipun terletak berdekatan dengan Telaga Warna, Telaga Pangilon memiliki karakteristik yang berbeda dengan Telaga Warna. Telaga Pengilon memiliki warna air yang jernih dan tanpa warna seperti di Telaga Warna. Bagi penggemar fotografi pasti akan senang dengan pemandangan di sekitar Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Di mana ada telaga yang dikelilingi oleh bukit-bukit subur dan hijau.

Harga tiket masuk wisata Dieng

Komplek Candi Arjuna Rp.10.000,- Museum Kaliasa Rp.5.000,- Telaga Warna Rp.7.000,- Telaga Merdada Rp.5.000,- Kawah Sileri Rp.5.000,- Kawah Candradimuka Rp.5.000,- Sumur Jalatunda Rp.5.000,- dan Golden Sunrise Rp.4.000,- untuk tarif parkir motor dan mobil Rp.2.000,- sedangkan bus Rp.4.000,-.

Bila kamu menggunakan kendaraan umum maka kamu dapat berangkat dari Terminal  Wonosobo  dan menempuh jarak kira-kira 30km dengan waktu tempuh kira-kira 45 menit sampai satu jam. Ongkos yang harus dibayar sekitar Rp.10.000,-/orang.

Fasilitas lain

Bagi kamu yang ingin bermalam di Dieng tak perlu khawatir, karena banyak terdapat tempat penginapan di wilayah Dieng salah satunya adalah Penginapan Dieng Mawar yang terletak di Desa Dieng Kulon Rt. 04 Rw. 02 Batur Banjarnegara, Jawa Tengah. Ada juga penginapan Dieng Kenanga yang terletak di Desa Dieng Kulon Rt. 03 Batur Banjarnegara, Jawa Tengah. Kedua penginapan itu dapat menjadi pilihan karena harga sewanya terjangkau