Pesonanusa, Jakarta | Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun Purbakala Ke-106 di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (18/7/2019).

Acara puncak yang diisi oleh penghargaan tokoh arkeologi serta acara hiburan untuk menyemarakkan acara ini diselenggarakan atas kerjasama antara PCBM dan Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia Pusat.


Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Fitra Arda mengatakan bahwa tinggalan purbakala Indonesia dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan nasional, “yang melampaui batas-batas pengelompokan etnis, ras, budaya, dan agama dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan falsafah negara Pancasila”.
“Hal ini menandakan jika Cagar Budaya memiliki peran penting untuk memupuk kesadaran jati diri bangsa dan mempertinggi harkat dan martabat bangsa di tengah-tengah peradaban dunia,” kata Fitra dalam pidato sambutan HUT Purbakala 106.
Lanjutnya, agar pelestarian Cagar Budaya kedepan dapat lebih fokus, efektif, dan efisien perlu strategi pengelolaan yang tepat karena sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, khususnya yang berkaitan dengan Strategi Kebudayaan.
“Harapan saya ke depan kita bisa bergotong royong, bekerjasama, menggunakan dan memanfaatkan Cagar Budaya sebagai ruang publik bagi interaksi seluruh komponen bangsa sehingga Bhinneka Tunggal Ika kita bisa terwujud dalam kenyataan,” jelas Hilmar Farid.

Untuk diketahui dalam rangkaian peringatan Hari Purbakala Ke-106 juga diselenggarakan beberapa acara seperti diskusi cagar budaya, pembuatan film kaleidoskop, kegiatan lomba dan bincang santai serta kegiatan diskusi ilmiah arkeologi.(Mon/Rizal/Red)